--> Skip to main content

Cara Memasang Busybox Yang Benar Pada Android



Cara Memasang Busybox Yang Benar Pada Android, Jika anda pengguna android terlebih suka dalam mengotak atik androidnya pastinya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang bernama busybox ini. namun tak jarang dari kita tidak memahami betul fungsi busybox sendiri sehingga banyak dari kita pengguna android menginstal busybox pada android kita hanya karena disuruh teman atau saran dari internet.

Apakah Busybox Itu dan Seberapa Pentingkah Busybox Untuk Android Kita ?

Dengan memasang busybox pada android, membuat android kita mampu menjalankan program atau perintah Linux (linux Command) karena pada dasarnya android adalah Linux khusus yang kompatibel dengan java untuk menjalankan suatu program,

Busybox dapat menggabungkan utilitas Linux umum jadi executable yang lebih kecil atau tunggal. Sehingga dengan menginstal busybox pada android kalian dapat memberikan beberapa pertintah tambahan, karena pada dasarnya android tidak memiliki printah yang lengkap. 
dengan hadirnya busybox ini bertujuan untuk melengkapi perintah tersebut.beberapa aplikasi pada android membutuhkan perintah tambahan ini untuk menjalankan semua fungsinya. oleh karena itu pemasangan busybox itu bisa dibilang sangatlah penting untuk pengguna android. terutama pada penggguna yang sudah memiliki akses Root.

Bagaimana Cara Memasang Busybox ?

Untuk  cara pemasangan Busybox sangatlah mudah anda hanya perlu mendownload terlebih dahulu aplikasi Busybox Isntaler namun sebelum mendownload pastikan Hp android anda sudah dalam keadaan Root karena untuk pemasangan Busybox membutuhkan akses Root. oleh karena itu jika Hp anda masih belum di Root anda bisa membaca artikel tentang cara root dibawah ini.

Satu klik langsung Root Android Menggunakan Framaroot

Jika Hp android anda sudah dalam keadaan root bisa melewati tutorial root android diatas dan bisa langsung ke tahap pemasangan busybox yang benar pada Hp android kalian. untuk pemasanganya anda download dahulu aplikasi busybox yang ada di Playstore atau bisa klik link dibawah ini jika anda membuka lewat android. pilih salah 1 saja

BusyBox


Memasang Busybox Yang Benar Pada Android

Apabila kalian sudah mendownload Busybox yang ada di playstore dan sudah memasangya di android kalian, langsung saja buka apliaksi busybox dan akan ada permintaan izin root. kalian cukup memberikan akses root kepada Busybox dengan cara menekan Izinkan/Grant,

Setelah itu proses penginstalan busybox akan dimulai ditandai dengan Presentase yang berada di atas coba lihat gambar dibawah ini.

Proses pengginstalan Busybox akan berjalan kurang lebih 2-3 menit jadi harap bersabar dan tunggu sampai mencapai 100 % dan apabila sudah mencapai 100% lanjutkan ke tahap selanjutnya dengan menekan Tombol Instal yang berada di Kiri Bawah


Tunggulah beberapa saat maka akan ada tulisan " it looks like the installation of BusyBox was successfull Congratulations ! " itu menandakan bahwa kalian telah berhasil memasang Busybox pada android kalian dengan benar. untuk mencobanya apakah busybox sudah terpasang atau belum akan saya berikan sedikit tentang cara penggunaan Perintah linux pada Termial emulator.

Penggunaan BusyBox Pada Terminal Emulator

Untuk memastikan Busybox sudah terpasang di android kalian atau belum kita akan memastikanya dengan mencoba Perintah Linux pada terminal emulator oleh karena itu kalian download Terlebih dahulu Terminal emulatornya di Playstore.

Terminal Emulator

Setelah Terminal emulator sudah didownload langsung saja buka aplikasi terminal emulator yang sudah terinstal di android kalian. coba ketikan Free lalu tekan Enter jika muncul tulisan seperti gambar dibawah ini menunjukan Busybox sudah terpasang dengan benar di android kalian.

Free memory di Terminal emulator
Masih belum yakin busybox sudah terinstal dengan benar ? kita coba lagi di percobaan kedua dengan membuat Folder melalui terminal emulator caranya ketik


mkdir(spasi)/sdcard/nama folder   (tekan enter)

Jadi kalian tulis saja mkdir itu perintah untuk membuat folder dan Sdcard itu adalah tempat dimana folder itu dibuat dan di baris terakhir nama folder baru yang akan dibuat. contohnya saya membuat folder androidbootloop berarti perintahnya mkdir /sdcard/androidbootloop lalu aku tekan enter dan folder dengan nama androidbootloop berhasil dibuat lihat gambar.
 
 
langkah 1

Langkah 2

Jika kalian sudah mencoba 2 perintah linux diatas dengan terminal emulator dan berhasil seperti yang saya contohkan itu menandakan kalian berhasil Memasang Busybox Yang Benar Pada Android kalian. Untuk penggunaan Busybox dengan terminal emulator lainya akan saya bahas di lain kesempatan jadi terus simak update terbaru dari androidbootloop.com ya. apabila kalian punya pertanyaan seputar tutorial di atas bisa langsung di tanyakan di kotak komentar.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar