--> Skip to main content

Cara Pasang CWM / TWRP di Evercoss A75A dan A75A*

Bagaimana cara memasang cwm / twrp pada evercoss a75a dan apakah fungsi cwm /twrp tersebut ? pertanyaan ini mungkin sangat sering terlontar dari mereka para pengguna android namun belum begitu paham dengan android. mungkin bagi kita yang sudah pernah atau hobi otak atik hp android mengerti apa itu cwm recovery beserta fungsinya, bahkan bagi seorang opreker android terinstal cmw atau twrp di android mereka adalah suatu keharusan.

Oleh Karena itu jika hp android yang sudah di root namun belum terpasang cwm recovery maupun twrp recovery rasanya pasti berbeda. karena pada dasarnya cwm ataupun twrp dan root adalah suatu kesatuan sehingga tidak lengkap rasaya jika tidak ada perpaduan diantara mereka.

Apa Itu Cwm ?
Cwm adalah singkatan dari Clockworkmod. cwm sendiri ialah hasil dari modifikasi dari stock recovery pada android namun dengan penambahan fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan recovery bawaan hp android anda. fitur - fitur yang ada di dalam cwm ini diantaranya adalah instal zip, backup/restore, factory reset dll. tampilan cwm ini hampir mirip dengan tampilan stock recovery pada umumnya dan di navigasikan dengan tombol volume atas dan bawah.

Apa Itu TWRP?
Berbeda dengan Cwm Twrp atau kepanjangan dari Team Win Recovery Project. adalah recovery yang dikembangkan bebas pada android, dan jika cwm menggunakan navigasi volume up dan down untuk berpindah anar menu, di TWRP kita bisa langsung menggunakan Touchscreen untuk berpindah ke 1 menu ke menu lainya. untuk fitur TWRP sendiri hampir sama dengan Cwm yaitu dapat menginstal zip backup/restore, format partisi, wipe dalvik dan cache dan masih banyak yg lainya. jadi jika kalian mau memilih memasang cwm atau TWRP sebenarnya sama saja dilihat dari segi fungsi namun yang membedakanya adalah faktor kebiasaan saja.

Oke cukup sampai disitu penjelasan singkat saya tentang apa itu cwm dan Twrp dan kita akan kembali ke topik utama yaitu cara memasang cwm amupun twrp pada evercoss A75a dan A75a* caranya cukup mudah hanya saja sebelum kalian memutuskan untuk memasang cwm / twrp ini handphone android kalian harus dalam kondisi root. bagi hp kalian yang belum kondisi root bisa melihat caranya dibawah ini.

baca Cara root evercoss winner y ultra a75a dan a75a* tanpa pc

Jika dipastikan hape evercoss winner y ultra kalian sudah dalam posisi root kalian boleh ke tahap selanjutnya, yaitu memasang cwm / twrp pada hape kalian. tapi sebelum memasang cwm atau twrp di evercoss a75a-a75a*  kalian download terlebih dahulu bahan - bahanya untuk mendownloadnya kalian klik download bahan - bahan dibawah ini.


Cara pasang CWM/TWRP di Evercoss A75A dan A75A*

Download semua bahan yang ada dibawah ini

Tool Flashify pilih salah satu saja donwnload melalui mediafire atau playstore
Via Mediafire
Flashify

Via Playstore
Flashify

Flashify

CWM dan TWRP recovery Pilih salah satu saja sesuaikan dengan hape sobat
TWRP Recovery A75A

TWRP Recovery A75A*

CWM Recovery A75A dan A75A* 

Cara Pasang Cwm / Twrp Evercoss Winner Y Tanpa Menggunakan Komputer

Untuk cara pemasangan twrp ataupun cwm sama saja tidak ada hal yang membedakan tentang teknik pemasanganya, sebagai pengingat sebelum memang twrp atau cwm pada hape evercoos winner y ultra kalian disarankan untuk berkonsentrasi dalam membaca agar kesalahan dalam prosedur pemasangan dapat dihindarkan. oke untuk proses pemasangan cwm atau twrp bisa kita simak dibawah ini.

Pertama yang harus kalian lakukan adalah menginstal aplikasi Flashify, untuk penginstalanya seperti menginstal aplikasi android pada umumnya. dan buka aplikasi flashify dan kalian akan mendapati tampilan seperti dibawah ini.


Tampilan pertama
Tampilan ke dua

Untuk tampilan pertama kalian tekan saja "accept" untuk menyetujui kebijakan aplikasi flashif, dan pada gambar kedua adalah permintaan izin root yang diminta aplikasi flashify. karena flashify memerlukan akses root untuk dapat menginstal cwm atau twrp di hp evercoss kalian. tekan "grant / izinkan"

Selanjutnya, kalian keluar dari aplikasi Flashify dan pergi ke file manager, manager file untuk mengubah nama file cwm atau twrp yang sudah kalian download tadi dengan nama Recovery.img dan pindahkan di luar folder pada memory internal atau external kalian.

Baca juga Cara Mengganti Imei di Evercoss Winner Y Ultra A75A Tanpa PC

Proses Flash Cwm atau Twrp Menggunakan Flashify

Tahap selanjutnya adalah melakukan flashing recovery.img tadi dengan menggunakan aplikasi flashify yang sudah kalian instal tadi. untuk caranya bisa klian lihat gambar dibawah ini.



Langkah pertama
kedua
ketiga


Penjelasanya. karena kita akan memasang cwm /twrp di hp evercoss kita maka yang harus dipilih adalah recovery image dan setelah kita memilih recovery image kita akan dihadapkan pilihan lagi seperti gambar kedua. pilihlah choose file, untuk memilih file recovery.img yang sudah kalian download tadi. di langkah ketiga pilih File explorer untuk memulai mencari file recovery.img yang sudah kalian download sebelumnya.

NB: Jangan Pernah Sekali - sekali memilih pilihan download TWRP, Download CWM Download Philz jika tidak mau hp kalian bootloop



Langkah Pertama
Kedua
Ketiga
Setelah kalian memilih File explorer maka tampilan akan seperti gambar di atas. buka folder tempat kalian meletakan file recovery.img yang sudah kalian download jika di internal maka pilih internal jika di sdcard pilih sdcard. setelah ditemuka file recovery.img seperti gambar ke 2 ketuk saja pada file recovery.img dan proses flash akan berjalan. setelah dirasa sudah selesai kalian bisa mengujinya dengan masuk ke mode recovery untuk caranya seperti pada gambar ke tiga.

Mudah bukan cara memasang cwm dan twrp di evercoss A75A dan A75A* jika kalian mengikuti cara dapat dipastikan pemasangan akan berhasil 100%, apabila ada penjelasan saya yang kurang jelas menurut kalian bisa langsung ditanyakan via kotak komentar. apabila menurut kalian ada hal yang perlu diperbaiki dari segi penulisan saya siap menerima kritik dan saran dari kalian.

baca juga Cara Pasang CWM/TWRP di Evercoss Winner T A74A


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar